Bank BNI

Pesta, Alkohol, dan Narkoba: Maradona Nyaris Tak Sisakan Kekayaan untuk Keluarganya

Oleh Arif Rahman pada 26 Nov 2020, 10:31 WIB

Foto: Maradona bersama dua putrinya

Cobisnis.com - Diego Maradona diakui oleh banyak orang sebagai pesepakbola terhebat sepanjang masa. Dengan gelar seperti itu, kekayaan bersih yang ia dapatkan tentu sangat besar. Faktanya, gaya hidup Maradona membuatnya bangkrut hingga bahkan tak meninggalkan kekayaan untuk keluarganya.

Dari kebiasaan narkoba hingga main perempuan dan memiliki utang demi utang. Kehidupan pribadi Maradona berbeda jauh dengan kesuksesannya saat masih berlaga di lapangan hijau.

Diego Maradona menjadi pesepakbola profesional saat berusia 15 tahun, bermain untuk Argentinos Juniors. Dia kemudian merumput untuk Boca Juniors, Barcelona, ​​Napoli, Sevilla, dan Newell’s Old Boys.

Menurut CelebrityNetWorth, Barcelona membayar $ 7,6 juta di tahun 1982 untuk mendapatkan jasanya di lapangan hijau. Maradona dikenang karena menjadi pahlawan sekaligus memimpin Argentina meraih trofi Piala Dunia 1986. Dia juga bermain di tiga Piala Dunia lainnya pada 1982, 1990 dan 1994.

Saat menjadi pelatih, Maradona mengelola tim seperti klub Dubai Al Wasl FC, klub sepak bola Meksiko Dorados, dan tim nasional Argentina.

Maradona berasal dari latar belakang yang sangat miskin. Jadi hidupnya adalah kisah nyata tentang mimpi seorang pemuda yang benar-benar terwujud.

Meskipun ia menghasilkan uang saat remaja dari bermain sepak bola profesional, kebiasaan gaya hidup Maradona yang tidak sehat mempengaruhi keuangannya. Dia ketergantungan pada kokain selama 20 tahun.

Penyalahgunaan narkoba berdampak negatif pada kemampuannya bermain sehingga karirnya rusak. Maradona dinyatakan positif menggunakan kokain saat bermain untuk Napoli pada tahun 1991 dan meninggalkan klub dengan malu.

Pesta dan alkohol adalah bagian dari gaya hidup Maradona. Pada 2015, dia mengatakan dia sudah bersih dari narkoba selama hampir 12 tahun sebagaimana dilansir The Guardian. Puluhan juta dolar AS didapatkan Maradona di beberapa kontraknya, tapi di saat bersamaan dia juga menumpuk utang puluhan juta poundsterling.

Menurut The Express, saat bermain untuk Napoli dari 1984-1991, Maradona menumpuk utang € 37 juta dalam bentuk pajak yang belum dibayar. Polisi bahkan pernah menyita sepasang anting Maradona senilai £ 3.600 untuk memulihkan pajak yang belum dibayar di tahun 2009 serta jam tangan Rolex senilai 10 ribu euro di tahun 2006.

Laporan The Express menyatakan pada 2016 Maradona memiliki jumlah sisa £ 33 juta yang harus dibayarkan kepada otoritas Italia. Kondisi itu membuat kekayaan bersih Maradona hanya sekitar £ 100.000. Sebagai pelatih kepala Dorados, Maradona dibayar £ 1,25 juta untuk durasi kontrak 11 bulan.

Maradona tercatat memiliki sejumlah sponsor selama karirnya seperti Puma, Hublot, dan Coca Cola. Dia juga memiliki 6,7 juta pengikut di Instagram di tahun 2020.

Tag Terkait