Bank BNI

Star Energy Geothermal Kembali Gelar Program Vaksinasi Di Kabupaten Sukabumi

Oleh Indra Purnama pada 24 Oct 2021, 11:32 WIB

JAKARTA, Cobisnis.com - Star Energy Geothermal (SEG) bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Sukabumi kembali menggelar program vaksinasi gratis untuk masyarakat umum yang berada di wilayah Kabupaten Sukabumi khususnya di Kecamatan Kabandungan. Pelaksanaan vaksinasi ini didukung Barito Pacific Group melalui Yayasan Bakti Barito dengan target peserta sebanyak 388 orang di Gedung Jayanegara dan menggunakan vaksin Gotong Royong sebanyak 776 dosis. Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri, Direktur Yayasan Bakti Barito Dian Purbasari, dan Deputy Group Chief Power Plant Operation Officer SEG Suharsono Darmono hadir dalam acara ini.

Sebelumnya, SEG telah menyelenggarakan vaksinasi untuk 886 orang bersama pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) dan POLRI di Kabupaten Bogor dan Kabupaten Sukabumi pada bulan Agustus dan September 2021 lalu. Hingga kini, lebih dari 5.000 orang telah mendapatkan vaksinasi hasil kerja sama SEG, Dinkes, TNI dan POLRI di daerah sekitar operasi SEG di Gunung Salak, Darajat, dan Wayang Windu.

“Pemerintah Kabupaten Sukabumi memberikan penghargaan dan apresiasi kepada Star Energy Geothermal dan Yayasan Bakti Barito yang telah memberikan vaksinasi dan sarana pendukung protokol Kesehatan kepada masyarakat Kabupaten Sukabumi. Dengan adanya program vaksinasi ini, antusiasme masyarakat untuk melakukan vaksinasi jauh lebih tinggi, mengingat hingga saat ini tingkat vaksinasi di Kabupaten Sukabumi baru mencapai 34%. Kami berharap capaian vaksinasi di Kabupaten Sukabumi dapat meningkat, minimal sampai 50% agar bisa menurunkan level PPKM dari 3 ke 2.“ ujar Wakil Bupati Sukabumi, Iyos Sumantri dalam sambutannya.

Dalam kesempatan yang sama, Deputy Group Chief Power Plant Operation Officer SEG, Suharsono Darmono, menyampaikan bahwa selain vaksinasi, SEG juga memberikan bantuan berupa 20.000 masker bagi masyarakat. Program vaksinasi dan bantuan masker ini merupakan wujud nyata upaya dari SEG dan Barito Pacific Group melalui Yayasan Bakti Barito untuk mendukung upaya pemerintah Republik Indonesia dalam menanggulangi pandemi COVID-19.

“Yayasan Bakti Barito didirikan oleh para pendiri Barito Pacific, induk Star Energy Geothermal. Sejak 2020, Yayasan Bakti Barito senantiasa membantu pemerintah pusat dan daerah dalam berbagai upaya penanganan pandemi. Kami berharap apa yang kami upayakan ini dapat membantu masyarakat di Indonesia, khususnya di Kabupaten Sukabumi, agar kita bersama-sama dapat segera bangkit melawan pandemi. Semoga pandemi ini segera berakhir sehingga dapat mendorong pemulihan ekonomi nasional.” kata Direktur Yayasan Bakti Barito, Dian Purbasari.

Sejak awal pandemi COVID-19, SEG telah memberikan beragam bantuan berupa cover suit/hazmat suit, ventilator, purifying air respiratorybaby incubator electric bed, masker N95, surgical mask, sarung tangan, goggleshand sanitizer, disinfektan, rubber boots, dan Airvo2 oxygen therapy set. Bantuan ini telah disalurkan kepada rumah sakit-rumah sakit rujukan pemerintah yang berada di Jakarta, Bandung, Kabupaten Bandung, Garut, dan Kabupaten Sukabumi. SEG juga turut membantu lebih dari 4.000 anggota masyarakat di sekitar wilayah operasi dengan menyediakan sembako.

Sebagai upaya preventif, SEG turut berpartisipasi aktif mengajak masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan 5M yang ketat dengan memakai masker, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilitas dan interaksi.