Bank BNI

TaniHub Group Gelar Taniversary, Penanda 5 Tahun Melayani Pertanian Indonesia

Oleh Nina Karlita pada 25 Oct 2021, 19:54 WIB

Cobisnis.com - TaniHub Group, agritech and e-grocery startup dengan pertumbuhan terbesar di Indonesia, telah memasuki tahun kelima berkarya dan memberikan pelayanan bagi pertanian Indonesia. Sejak lima tahun lalu, TaniHub Group bercita-cita membangun ekosistem agrikultur end-to-end, sehingga memiliki jejak di setiap hati stakeholders melalui produk dan layanan yang berkualitas serta menyejahterakan semua pihak yang terlibat.

Sejak hari pertama hadir pada 2016, TaniHub Group selalu menyisipkan berbagai inovasi dalam setiap sisi ekosistem: dari ladang, gudang, restoran, warung, jalan kecil, sampai ke setiap meja makan para konsumen--berupa hasil panen petani dalam keadaan segar. TaniHub Group berharap dapat membuat mitra TaniHub, konsumen, hingga masyarakat umum menikmati langsung berbagai manfaat dari pertanian dan petani Indonesia.

Sebagai perwujudan inovasi, selain telah mendirikan TaniHub, TaniFund, TaniSupply, dan TaniAcademy, dalam satu tahun terakhir ini TaniHub Group juga menghadirkan TaniHub Food Solutions yang berfokus pada pemenuhan kebutuhan bahan segar berkualitas bagi semua jenis usaha makanan dan minuman, serta TaniMitraKoperasi (TMK) sebagai program untuk memberdayakan koperasi petani melalui dukungan layanan digital. Untuk melengkapi dukungan kami terhadap pertanian, TaniHub Group menghadirkan TaniFoundation yang berfokus pada peningkatan kesejahteraan keluarga petani secara jangka panjang.

Tidak hanya memberikan layanan terbaik bagi masyarakat, TaniHub Group juga menciptakan lapangan kerja yang diminati oleh para talent negeri ini. Hal tersebut dibuktikan dengan masuknya TaniHub Group dalam daftar perdana LinkedIn Top Startups 2021 yang diumumkan baru-baru ini, karena dinilai mampu bertumbuh dan berhasil menarik investasi serta merekrut pencari kerja dalam situasi pandemi Covid-19.

“Dalam perjalanan lima tahun ini, banyak pembelajaran yang kami lalui sehingga kami jadi terbiasa untuk terus berinovasi demi memberikan layanan terbaik bagi semua stakeholders kami baik itu petani, user, maupun pemerintah. Sektor pertanian terus bertumbuh meskipun pandemi, dan tetap menjadi salah satu penopang besar perekonomian Indonesia. Dukungan pemerintah melalui APBN 2022 di sektor pertanian juga sudah sangat besar untuk mendukung peningkatan kapasitas produksi. Tinggal kami sebagai platform agritech untuk membantu para petani Go Digital dan mendistribusikan hasil pertanian lokal ke seluruh Indonesia,” ucap Pamitra Wineka, CEO TaniHub Group ketika menggambarkan besarnya peluang pertumbuhan sektor pertanian Indonesia.

TaniHub Group juga terus mengajak dan menjembatani masyarakat yang ingin turut terlibat dalam peningkatan pertanian Indonesia dengan menyalurkan pendanaan melalui TaniFund. Pada tahun 2021, TaniFund meluncurkan mobile app untuk Android yang memudahkan masyarakat untuk melakukan pendanaan berdampak sosial. Dalam waktu yang bersamaan, TaniFund juga mendapatkan lisensi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Pengakuan dari OJK ini juga mengukuhkan TaniFund sebagai platform Agriculture Peer-to-Peer Lending pertama yang mendapatkan lisensi di Indonesia. Dengan dua pencapaian ini, TaniFund ingin meningkatkan lending experience bagi para pendana (lender).