Bank BNI

Dikira Batuk Pilek Biasa, ini Dia Pneumonia Mycoplasma yang Berbahaya bagi Lansia

Oleh Saeful Imam pada 04 Dec 2023, 15:00 WIB

Mengenal pneumonia mycoplasma

JAKARTA, Cobisnis.com - Pneumonia yang disebabkan oleh bakteri Mycoplasma pneumoniae seringkali sulit untuk didiagnosis karena gejalanya serupa dengan flu atau infeksi saluran pernapasan atas.

Oleh karena itu, mengenali penyakit yang dikenal sebagai pneumonia berjalan ini sangatlah penting karena gejalanya cenderung ringan.

Meskipun gejalanya bisa ringan pada beberapa kasus, pneumonia ini dapat berpotensi berbahaya terutama bagi individu dengan daya tahan tubuh yang lemah, seperti lansia atau mereka yang memiliki penyakit kronis.

Untuk memahami lebih lanjut, penting untuk mengenali tanda-tanda dari pneumonia atipikal ini dan bagaimana cara mengobatinya.

Gejala Pneumonia karena Mycoplasma pneumoniae dapat bervariasi. Dikutip dari WebMD dan Health, beberapa gejala yang mungkin muncul antara lain:
  1. Batuk: Batuk merupakan gejala umum dari pneumonia yang disebabkan oleh infeksi bakteri Mycoplasma. Batuk ini sering disertai dengan dahak, dengan variasi warna seperti kuning, hijau, atau bahkan merah dan cokelat pada kondisi yang lebih parah. Batuk bisa berlangsung selama beberapa minggu setelah infeksi bakteri hilang.
  2. Demam dan Menggigil: Pneumonia bakteri ini seringkali juga disertai dengan demam, rasa meriang, atau menggigil yang mirip dengan gejala flu. Biasanya, suhu tubuh bisa naik di atas 38 derajat Celsius atau mencapai demam tinggi. Namun, ada juga kasus di mana penderita pneumonia tidak mengalami demam sama sekali, yang membuat penyakit ini sulit dideteksi.
Mengenali gejala-gejala ini penting untuk melakukan diagnosis lebih awal dan mendapatkan pengobatan yang tepat.

Jika Anda atau seseorang dalam lingkungan Anda mengalami gejala-gejala ini, segera konsultasikan dengan profesional medis untuk penanganan yang tepat dan pencegahan komplikasi yang mungkin timbul.