Bank BNI

Global Bonds Indonesia Raih Penghargaan Bergengsi Internasional

Oleh Indra Purnama pada 21 Jan 2022, 11:52 WIB

JAKARTA, Cobisnis.com – Indonesia disebutkan sukses mengulangi prestasi gemilang terkait penerbitan global bonds periode September 2021 dengan meraih penghargaan internasional dari Global Capital.

Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan Luky Alfirman mengatakan, apresiasi ini adalah wujud pengakuan dunia internasional atas komitmen pemerintah RI dalam menghadirkan instrumen keuangan yang tepat.

“Indonesia akan terus mendorong penerbitan instrumen pembiayaan yang inovatif dan berkelanjutan,” ujarnya dalam keterangan pers, Kamis, 20 Januari.

Menurut Luky, Kementerian Keuangan sebagai garda terdepan dalam perumusan global bonds bakal senantiasa menggali aspek pembiayaan terbaik yang disesuaikan pada kepentingan pemerintah serta selaras dengan prinsip-prinsip universal.

“Penghargaan tersebut akan terus memacu kami agar meraih kinerja yang lebih baik lagi dalam pengelolaan portofolio instrumen global bond,” tegasnya.

Sebagai informasi, Indonesia memenangkan dua kategori yaitu Best Bond dan Best SSA (Sovereign, Supranationals, Agency) Bond untuk debut transaksi Liability Management sebesar 1,25 miliar dolar AS dan debut penerbitan SDG bonds sebesar 500 juta euro.

Adapun, penghargaan dari Global Capital ini melengkapi penghargaan dari The Asset sebelumnya yang diklaim semakin mengukuhkan reputasi RI sebagai the savviest bond issuers in Asia.

“Indonesia masuk ke pasar dalam momentum dan instrumen yang tepat di tengah-tengah tumbuhnya kebutuhan akan penempatan portofolio ESG di pasar global,” kata Luky.

Melalui deretan penghargaan ini, pemerintah berkomitmen untuk memenuhi standar yang berlaku untuk penerbitan SDGs bond dan berencana melaksanakan kembali transaksi liability management untuk mengelola portofolio instrumen global bond.