Bank BNI

Ada 100 Kain Tradisional Nusantara di Festival "Aku dan Kain"

Oleh M Andhanu pada 11 Aug 2022, 17:37 WIB

JAKARTA, Cobisnis.com - Festival "Aku dan Kain": Wonders of Weaving di Museum Nasional persembahan perancang busana Oscar Lawalata bakal menampilkan setidaknya 100 kain tradisional Nusantara.

Pameran fashion sekaligus pelestarian budaya ini merupakan upaya Oscar atau yang kini lebih dikenal sebagai Asha Darra dalam menunjukkan kepeduliannya terhadap eksistensi kain tenun Nusantara yang dinilai mulai terkikis akibat perkembangan zaman modern.

Pameran yang diinisiasi sekaligus di wujudkan oleh Oscar Lawalata Culture (OLC) ini bekerja sama dengan beberapa partner lain, termasuk Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudrsitek).

"Kami dari OLC ingin punya rasa bangga menjadi orang Indonesia. Kami ingin budaya luhur Indonesia berlanjut bagi generasi muda," kata Oscar dalam konferensi pers di Museum Nasional, Jakarta Pusat, Rabu (10/8).

Selain itu, Oscar punya kekhawatiran lain. Ia tahu bahwa selain minat minim dari anak muda terhadap kain tenun, kehadiran tenun di tengah-tengah budaya Indonesia juga makin ditinggalkan lantaran kondisi industri yang kian lesu.

"Sebetulnya kain tenun itu bukan cuma soal produk budaya, tapi dari segi ekonomi juga dia harus ada pasarnya biar terus ada sustainability," tutur Oscar.

Atas dasar itulah Oscar menggandeng model profesional dan pemengaruh (influencer), baik dari dalam maupun luar negeri, sebagai model foto dan model pertunjukan busana di festival ini. Tujuannya adalah supaya generasi muda punya panutan yang bisa menginspirasi mereka untuk lebih mendalami budaya tenun juga.

"Kita tak ingin tenun jadi bagian dari masa lalu saja, tapi kita ingin tenun bertransformasi ke depan. Supaya tidak tertinggal, tapi justru terdepan," tandas Oscar.

Sementara itu dari pihak museum nasional yang diwakili Plt. Kepala Munas, Sri Hartini, mengaku sangat mengapresiasi pameran wastra Nusantara tersebut.

"Ini kan upaya pelestarian budaya. Sasarannya adalah anak muda milenial yang mulai melupakan budaya kain tenun," ujar Sri.

Dalam festival Aku dan Kain, Oscar bakal menunjukkan lebih dari 100 kain tradisional. Perhelatan ini turut melibatkan 100 artis ternama. Mereka yang terlibat di antaranya adalah Reza Rahadian, Marsha Timothy, Dian Sastro, Nirina Zubir, Angga Yunanda, Syifa Hadju, Najwa Shihab, Renata Moelek dan lain-lain.

Selanjutnya dimeriahkan dalam perayaan fashion show oleh Refal Hady, yakni Jovi Adhiguna, Ayu Ghani, Davina Veronica, Gamaliel Tapiheru, Sal Priadi, Yuki Kato dan masih banyak lagi akan menampilkan rancangan Oscar Lawalata.

"Tentu saja rancangan ini menggunakan kain-kain khas nusantara," ucapnya.

Festival Aku dan Kain: Wonders of Weaving akan diselenggarakan selama sebulan penuh di Museum Nasional, Jakarta, pada 10 Agustus-10 September. Penikmat kain tenun bisa mendalami nilai sejarah dan budaya dari kain-kain tenun itu dengan berkunjung langsung ke lokasi. Harga tiket yang dipatok oleh festival ini hanya Rp20.000 saja per orang.