Bank BNI

KAI Mau Ganti KA Feeder Whoosh Jadi Kereta Commuter

Oleh Farida Ratnawati pada 05 Dec 2023, 20:21 WIB

JAKARTA,Cobisnis.com - PT Kereta Cepat Indonesia (Persero) atau KAI berencana untuk menjadikan kereta api pengumpan atau KA Feeder Kereta Cepat Whoosh sebagai kereta Commuter.

Adapun KA Feeder adalah kereta pengumpan yang melayani penumpang Kereta Cepat Whoosh dari Stasiun Padalarang menuju Stasiun Bandung.

Direktur Utama KAi Didiek Hartantyo mengatakan, pengubahan KA Feeder menjadi kereta commuter bertujuan agar seluruh pernumpang bisa mendapatkan tempat duduk. Pasalnya, seiring dengan naiknya pengguna Whoosh, jumlah penumpang KA Feeder juga meningkat.

Didiek mengatakan dengan menjadikan KA Feeder sebagai kereta Commuter, maka tidak ada isu lagi terkait tidak adanya tempat duduk bagi penumpang. Adapun jika penumpang tidak mendapat tempat duduk, bisa memiliki ruang seperi KRL untuk berdiri.

“Feeder itu nanti akan jadi commuter. Enggak harus orang duduk itu enggak, temen temen nanya apakah semua penumpang pengen duduk? Karena duduk itu ternyata, oh sebelahnya enggak,” katanya usai rapat dengar pendapat dengan Komisi VI DPR di Gedung DPR, Jakarta, ditulis Selasa, 5 Desember.

Lebih lanjut, Didiek mengatakan, untuk merealisasikan rencana tersebut, KAI perlu menyiapkan sejumlah hal termasuk membangun elektrifikasi KRL di jalur KA Feeder.

Karena itu, Didiek mengaku belum dapat memastikan kapan rencana KA Feeder dijadikan kereta Commuter dapat terlaksana.

“Kita harus bangun elektrifikasi dulu, sehingga headway-nya bisa bertambah,” ucapnya.